Catat, Ini Standar Taman Bermain Anak yang Aman

Berbagai permainan anak memang sangat digemari oleh anak-anak sesuai dengan usianya. Karena memang usia ini adalah usia anak untuk bermain sambil belajar. Saat ini banyak sekali area bermain seperti theme park ataupun playground hadir di berbagai kota dengan berbagai konsep menarik. Ada yang tersedia secara gratis, ada pula yang tersedia dengan membayar sejumlah uang untuk membeli tiket. Hadirnya taman bermain anak akan membuat anak merasa lebih senang dan nyaman untuk menghabiskan libur bersama orang tua. Selain sebagai area bermain, berbagai wahana yang ada tentu ada unsur-unsur pendidikan tahap awal untuk tumbuh kembangnya. Walaupun demikian, Anda perlu ketahui ternyata taman yang ada harus sesuai dengan SOP atau Standard Operation Procedure.

 

Adapun SOP untuk taman bermain anak diantaranya seperti memenuhi stimulasi yang yang berkaitan dengan motorik anak baik yang halus atau yang kasar. Permainan yang akan meningkatkan daya kreativitas dan juga imajinasi anak seperti books pasir. Tidak sampai di situ, taman bermain anak harus pula menyediakan tempat khusus bagi orang dewasa agar anak dapat bermain sendiri sehingga lebih percaya diri dan juga lebih nyaman. Menunggu dan mengawasi anak saat bermain sangat perlu karena walaupun permainannya aman tetapi sebagai bentuk kehati-hatian harus lebih diperhatikan. SOP selanjutnya yakni menyediakan berbagai fasilitas yang ramah bagi anak seperti lingkungan yang bersih, permainan yang aman dan juga kamar kecil khusus untuk anak.

 

Baca juga : Pentingnya Taman Bermain untuk Anak, Ini Manfaatnya

 

Standar keamanan taman bermain anak diantaranya seperti adanya papan petunjuk aturan di lokasi, meletakan mainan dengan tepat, lokasi yang terbuka sehingga orang tua mudah untuk mengawasi anak-anaknya saat bermain, alat-alat permainan yang aman, wahana yang terkontrol dan ketat serta tersedianya tenaga medis yang berpengalaman dan siap siaga. Demikian itulah aturan SOP dalam taman bermain anak yang perlu diperhatikan. Sehingga anak-anak dan orang tua yang mendampingi dapat lebih aman, nyaman dan menyenangkan. Tidak hanya itu, bagi orang tua sebaiknya membawa makanan yang sehat dan bersih. Urusan akomodasi dapat dengan Daihatsu.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment